Sunday, April 1, 2012

Bisa dan Gak Bisa dalam Tes

Pernah gak sih kalian punya temen yang kalo ditanya pas abis ulangan dia bilang gak bisa, tapi ternyata nilainya lebih tinggi atau bahkan paling tinggi di kelas? Pasti kadang kalian sebel kan? Jangan berpikiran negatif dulu! Ada banyak alasan ke hoka hoka bento kenapa kejadian ini bisa terjadi. Cekidot!


1. Kesalahan Koreksi
Bisa kesalahan guru atau teman yang ngoreksi, jawaban salah malah dibenerin. Cuma beda 1 poin aja udah naikin nilai kan? Berarti ini murni bukan salah temenmu itu.

2. Dia Berbohong Putih.
Sebenernya dia bisa, tapi dia bilang gak bisa. Alasan bohongnya juga ada berbagai macam. Bisa takut dibilang sombong atau solider karena temen temennya bilang gak bisa. Tau kan rasanya saat kamu bilang gak bisa tapi temen temenmu bilang bisa? Pasti dagdigdug nunggu hasil keluar, takut banget kalo nilai kita di bawah rata rata. Nah, temenmu itu bilang gak bisa karena mau jaga perasaanmu.

3. Nyonteknya Sukses.
Dia memang gak bisa, tapi karena matanya bisa berakomodasi maksimum melebihi daya akomodasi pengawas,dia berhasil mengisi semua jawaban. Tapi waktu keluar ruangan dia gatau jawaban yang dia contek itu bener atau nggak kan? Makanya dia bilang gak bisa. Dia dapet nilai bagus karena jawabannya ternyata benar.

4. Beruntung.
Hampir sama kayak yang di atas. Pas liat soalnya, banyak banget yang dia nggak bisa jawab, tapi dengan berbagai macam pertimbangan dalam menebak jawaban, dari hubung hubungin soal sampe ngitung kancing [baca : ngasal] semua soal berhasil dijawab (diisi). Yang jadi masalah adalah kebenaran jawaban itu. Namanya juga ngasal, bener enggaknya ya nggak tau. Makanya dia bilang gak bisa. Inget! Orang bodoh kalah dengan orang pintar, orang pintar kalah dengan orang beruntung.

5. Penilaian Sikap
Mungkin karena dia selalu berikap baik dalam jam pelajaran guru itu, guru itu memberinya nilai plus, sehingga nilanya bisa jadi lebih tinggi.

6. Prinsip
Alasan ini adalah alasan yang menurut gue paling logis. Beberapa orang memang mempunyai prinsip untuk bilang bisa dan gak bisa, termasuk gue. Ada yang kalo bisa ngerjain 70% soal dia sudah bilang bisa. Ada yang 80% atau 60% juga. Kalo gue, gue bakal bilang bisa kalo gue bisa ngerjain 90%. Kalo di bawah 90% gue bilang lumayan, kalo di bawah 80% gue bakal bilang gak bisa. Bukannya sombong atau gimana. Menurut gue, menargetkan sesuatu itu harus setinggi mungkin, kalo target kita "pendek", kita akan cenderung hidup menjadi orang yang cepet puas. Jadi kesimpulannya, nilai orang yang bilang gak bisa dengan target 90% kemungkinan besar lebih tinggi dari orang yang bilang bisa dengan target 70%.

Nah, itulah beberapa alasan yang bisa gue share sama kalian. Sekarang jadi tau kan kenapa temen yang bilang gak bisa nilainya bisa lebih tinggi? Sebenernya masih ada alasan alasan lain sih di otak gue, tapi cenderung gak logis. Misalnya  nyogok gurunya [ini sih seharusnya malah bilang bisa, buat nutup nutupin -.-], dukun bertindak [minta jin atau tuyul mbenerin jawaban dia], atau nyuruh Fathir malem malem ke sekolah mbenerin jawaban dia [secara kalo malem Fathir itu bagai bunglon yang lagi mimikri] dan alasan alasan gak logis lainnya. Tulisan ini murni gue yang buat, jadi ini memang sudut pandang gue. Setuju atau nggak setuju itu adalah hak kalian, silahkan menilai dengan bijak [ceileeeh,bahasa gue B-) ]
OK, sampe di sini dulu ya, see youuuu...! :)

No comments:

Post a Comment